Connect with us

MANANDSHARK

Yuk Rasakan Betapa Lezatnya Beberapa Ikan Laut Ini

info

Yuk Rasakan Betapa Lezatnya Beberapa Ikan Laut Ini

Dalam hidup kita, makanan merupakan salah satu sumber utama yang paling penting dalam setiap Mahkluk hidup terutama Manusia. Sangat banyak sekali jenis makanan yang sering kita jumpai disekitar kita dan yang paling umum sering kita temukan adalah dirumah kita.

Setiap rumah tangga, sudah pasti memiliki jenis makanan rutin yang tersaji di meja dapur. Setiap harinya, makanan yang tersaji di meja dapur sudah pasti berganti menu. Selain nasi, yang menjadi salah menu makanan wajib bagi banyak orang adalah ikan.

Walaupun jenis ikan berasal dari dua sumber yang berbeda seperti jenis ikan air tawar dan jenis ikan laut, dari kedua sumber jenis ikan tersebut sudah pasti keduanya memiliki rasa yang berbeda dan sudah sering tersaji atau dinikmati banyak orang.

Namun disini kita akan membahas beragam jenis ikan laut yang sangat enak untuk dijadikan menu makanan enak. Apa sajakah jenis ikan laut yang dikatakan enak tersebut? Yuk kita simak jawabannya disini.

1. Ikan Kakap

Ikan kakap merupakan salah satu jenis ikan laut yang sangat banyak digemari oleh pecinta makanan ikan laut. Walaupun ikan kakap juga memiliki berbagai jenis, tetapi tingkat konsumsinya semakin meningkat. Mungkin bagi mereka yang tinggal dekat dengan laut, ikan kakap dianggap sebagai jenis makanan yang sudah biasa.

Lain dengan orang yang tinggal di perkotaan, walaupun ikan kakap ini sangat mudah untuk ditemukan, tetapi tiadk semua orang bisa menikmati jenis ikan laut tersebut. Selain harganya yang sidikit mahal, ikan laut ini juga dikatan mengandung kolesterol jika dikonsumsi berlebihan.

Sebagai sajian makanan laut, ikan kakap sangat sering disajikan dalam bentuk asam manis, gulai dan lain sebagainya. Selain dengan rasanya yang sangat enak, ikan laut ini juga sangat gurih. Untuk menikmati ikan kakap, kebanyakan orang selalu memburu kepalanya untuk mendapatkan sensasi yang luar biasa.

Apabila kita ingin menikmati rasa nikmat dari ikan kakap tersebut, jangan bersusah payah untuk memasknya karena banyak restoran atau rumah makan selalu menyajikan salah satu makanan laut tersebut. Sangkin enaknya, durinya jangan ikut ditelan ya Gays, ntar keselek.

2. Ikan Kerapu

Ikan kerapu juga termasuk sebagai jenis ikan laut yang juga sangat diburu oleh pecinta makanan laut. Ikan kerapu juga dianggap sebagai ikan yang memiliki banyak jenis, tetapi hampir semua jenis ikan kerapu sudah dinikmati.

Jenis tersebut antara lain adalah ikan Kerapu Macan, ikan Kerapu Bebek, ikan Kerapu Kertang, ikan Kerapu Batik, ikan Kerapu Muara, ikan Kerapu Lumpur, ikan Kerapu Cantik, ikan Kerapu Sunuk (Kerapu Merah), dan ikan Kerapu Cantang.

Rasa dagingnya yang nikmat menjadikan ikan kerapu membuat para pencinta makanan laut jatuh hati padanya. Ikan Kerapu juga sering diolah menjadi berbagai jenis makanan yang tak kalah lezat.

Ikan Kerapu ini sering dimasak menjadi ikan Kerapu bakar, ikan Kerapu pindang, ikan Kerapu kuah asam, tim ikan Kerapu, bakso ikan Kerapu, sup ikan Kerapu, dan lain sebagainya. Apalagi jika digoreng kering dan dengan tambahan racikan bumbu spesial, tidak peduli siapa yang ada di depan anda yang penting rasa nikmat dari ikan tersebut tak terlewatkan.

3. Ikan Kuwe

Laut sangat kaya akan hasilnya yang luar biasa. Laut dianggap sebagai surganya banyak ikan. Sangat banyak sekali jenis ikan yang ada di laut, dari yang bisa dikonsumsi, yang tidak bisa dikonsumsi, ikan hias dan lain sebagainya.

Jika berbicara mengenai ikan laut, yang sangat banyak dikonsumsi adalah jenis ikan Kuwe. Banyak pula orang yang mengenalnya dengan nama Giant Trevally. Dalam hal rasa, sudah tentunya tidak kalah dengan ikan laut konsumsi lainnya.

Walaupun pertumbuhan dari ikan jenis ini bisa mencapai puluhan kilo, jika dimasak, cita rasa yang menggugah selera pada dagingnya akan membuat lidah penikmatnya bergetar. Biasanya ikan jenis ini diolah menjadi makanan lezat seperti Goreng kering, asasm manis, gulai, balado dan lain sebagainya.

4. Ikan Tongkol

Salah satu ikan laut yang sangat terkenal pada banyak kalangan Masyarakat adalah ikan salah nama atau ikan tongkol (jangan salah sebut ya Gays).

Mungkin kita sangat sering melihat di TV dimana banyak orang memancing ikan tongkol yang tidak hanya dijual, tetapi sebagai menu makanan sehari-hari. Tidak hanya dikenal sebagai ikan laut yang cepat melaju dan gesit, tetapi kenikmatan dari daging ikan tongkol ini dikatakan sangat nikmat.

Tubuh ikan Tongkol memang terlihat sangat mirip dengan ikan Tuna. Hanya saja, ukuran ikan Tongkol lebih kecil daripada ikan Tuna. Ikan tongkol sering sekali disajikan dengan berbagai rasa yang berbeda seperti di goreng, sambal, gulai, balado dan lain sebagainya.

Tidak semua orang dapat menikmatinya terutama pada orang yang memiliki alergi. Untuk memakan jenis ikan ini akan terasan sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan masih panas.

5. Ikan Barakuda

Ini dia jenis ikan laut yang tidak kalah enaknya dengan ikan laut yang lain. Ikan laut yang sangat agresif ini disebut dengan ikan Barakuda.

Selain dengan giginya yang sangat tajam, ikan ini juga memiliki mata yang sangat liar dimana ia dapat melihat mangsanya dari jarak yang cukup jauh. Ia juga dianggap sebagai ikan yang hobi dalam melompat.

Berdasarkan pertumbuhannya, baracuda juga dapat mencapai hingga puluhan kilo. Ikan jenis ini juga favoritnya banyak orang terutama penikmat makanan laut. Tidak heran banyak pemancing ikan selalu ingin mendapatkan ikan tersebut agar dapat dibawa pulang danm kemudian dimasak sesuai dengan selera.

Biasanya ikan ini dapat ditemukan dengan masakan yang berbeda seperti ikan Barakuda saus mangga, ikan Barakuda asam pedas, nasi lengko ikan Barakuda, oseng ikan Barakuda, dan masih banyak lagi.

6. Ikan Hiu

Ikan hiu merupakan jenis ikan yang dianggap sebagai penguasa laut bebas. Mengapa disebut sebagai penguasa? Karena ikan ini dikatakan sangat buas dan sebagai pemangsa atau predator yang tidak kenal toleransi terhadap mengsanya.

Ikan hiu memiliki penciuman yang sangat tajam dalam mendeteksi keberadaan mangsanya. Apalagi jika mencium aroma darah, keganasannya akan semakin meningkat.

Walaupun begitu, ikan hiu hingga kini dianggap sebagai ikan laut yang dapat dikonsumsi. Tidak heran banyak nelayan memburu ikan laut seperti ikan hiu ini.

Tidak hanya kenikmatan dari dagingnya saja, tetapi siripnya juga menjadi salah satu buruan penikmat ikan hiu. Sirip ikan Hiu sering kali dimasak menjadi sup yang kaya akan manfaat.

Bagian lain dari ikan hiu sangat sering diolah menjadi berbagai jenis masakan seperti kari, steak ikan hiu dan lain sebagainya. Mengenai rasa, jangan ditanya lagi Gays.. enak banget.

7. Ikan Teri

Ikan laut yang sangat terkenal pada kalangan masyarakat adalah ikan teri. Ikan yang bertubuh kecil ini sudah tidak menjadi hal yang asing lagi sebagai jenis ikan laut.

Tidak seperti ikan laut yang lain dimana hidupnya tidak gerombolan, ikan kecil ini terkenal sebagai ikan yang hidup berkelompok yang tak terpisahkan. Ini artinya ikan teri selalu hidup bersamaan dengan teman sejenisnya dan akan pergi kemanapun tanpa memisahkan diri.

Jangan dipandang dari ukuran tubuhnya yang kecil, ikan teri disebut sebagai “kecil-kecil cabe rawit” ini yang artinya walaupun kecil tapi rasanya sangat nikmat. Ikan ini sering disajikan dalam bentuk ikan teri sambal, goreng dan menu lainnya yang sesuai dengan selera.

Gays, sekian dulu ya dari kami mengenai jenis ikan laut yang lezat. Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat menghibur anda sekalian dan menjadi inspirasi untuk mengolah jenis ikan laut. Dari sebagian jenis ikan laut yang ada diatas, yang manakah ikan laut kesukaanmu? Selamat mencoba..

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in info

To Top