Connect with us

MANANDSHARK

Yuk, Pahami Tentang Ikan Guppy Serta Jenisnya

info

Yuk, Pahami Tentang Ikan Guppy Serta Jenisnya

Hai guys, apa kabarnya nih? Di artikel kali ini yang akan kita bahas adalah ikan, nah kira-kira ikan apa ya? Hmmm gimana kalau kita menilik lebih jauh lagi tentang ikan guppy atau yang lebih sering disebut dengan ikan gobi, udah gak asing lagi kan dengan ikan tersebut? Agar mendapat info yang lebih jelas, mari kita simak sama-sama artikel di bawah ini.

Ikan Guppy

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat populer dan banyak digemari masyarakat, dulunya ikan guppy dikenal sebagai ikan liar. Ikan tersebut pertama kali ditemukan di Venezuela, Guyana dan juga di kepulauan Karibi pada tahun 1859. Ikan tersebut memiliki bentuk indah dan menarik yang dilengkapi dengan warna yang sangat beragam dan bervariasi.

Nah, karena sudah cukup lama ditemukan, tentu saja ikan tersebut sudah memiliki banyak sekali jenis dengan berbagai warna dan corak yang indah akibat beberapa kali dikawinkan dengan induk jantan yang berbeda-beda.

Ikan guppy tersebut juga bisa kawin silang dengan ikan hias yang masih memiliki kemiripan dengan guppy yaitu ikan Molly. Anak yang didapat dari perkawinan silang tersebut memiliki warna yang indah. Pada umumnya, ikan guppy jantan memiliki ukuran panjang 2-3 cm dan yang betina memiliki ukuran panjang 4-6 cm.

Saking mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak maka di beberapa tempat di Indonesia ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan. Yap, kamu tentu saja pernah melihat dan menangkap ikan tersebut ketika kamu masih kecil.

Si guppy yang indah ini memiliki masa kehamilan berkisar antara 21–30 hari  tergantung pada suhu airnya. Suhu air yang paling cocok untuk berbiak adalah sekitar 27 °C (72 °F), nah di bawah ini merupakan jenis ikan-ikan guppy yang terindah:

Green Red Dragon

Nah, untuk deretan pertama adalah ikan green red dragon. Ikan guppy jenis ini bisa dikatakan sebagai salah satu primadona dari semua tipe ikan guppy yang beredar di Indonesia. Harga jenis ikan guppy ini juga lumayan tinggi, bayangin saja guys untuk 3 ekor ikan guppy atau ikan gobi red dragon ini bisa dihargai sampai 1 juta rupiah.

German Platinum Crown Tail

Image result for German Platinum guppy

Nah, kalau dilihat dari namanya berarti ikan guppy jenis ini memiliki ekor yang berbentuk seperti mahkota sehingga memiliki julukan seperti itu. Karena ekornya yang unik, ikan jenis ini bisa memiliki harga kisaran 300 ribuan rupiah per ekornya. Semakin unik bentuk ekornya dan semakin indah bentuk ekornya, maka semakin tinggi pula harga per ekornya.

Guppy Blue Moscow

Ikan guppy berjenis blue moscow ini merupakan model ikan guppy atau ikan gobi yang lahir di Moscow, Rusia. Ikan guppy ini mempunyai warna yang unik, yaitu dengan warna dasar pink dan dilengkapi dengan sedikit warna ungu. Selain itu, ikan guppy jenis ini memiliki ekor yang panjang dan terkesan eksotis ketika berenang. Oleh karena itu, ikan guppy blue moscow ini banyak dicari oleh para pecinta ikan hias di Indonesia.

Guppy Blue Moscow Albino

Nah, ikan jenis ini juga berasal dari Moscow, nama Guppy Blue Moscow Albino berasal dari tubuhnya yang berwarna pink dan tercampur dengan warna ungu. Ekornya yang menjuntai membuat jenis ikan guppy ini terlihat anggun ketika bergerak. Kamu pasti langsung jatuh hati deh ketika melihatnya.

Guppy Mozaik

Image result for Guppy Mozaik

Ikan guppy jenis ini diyakini diimpor dari Negara Jerman ke Jepang sekitar pada tahun 1960. Sedangkan asal terciptanya ikan guppy mozaik ini adalah hasil dari kawin silang antara ikan guppy jenis Tuxido dengan ikan guppy liar dan yang memberi nama mozaik sendiri pada jenis ikan guppy ini adalah orang-orang Jepang.

Pada umumnya ikan guppy betina dari jenis mozaik ini pola ekornya mirip dengan ikan guppy jenis Grass. Sedangkan bentuk ekornya, guppy jenis mozaik betina ini bagian atasnya sedikit lebih panjang dibandingkan dengan yang bawah. Kalau ciri-ciri guppy mozaik jantan, pada umumnya ekor maupun sirip dorsalnya memiliki pola titik-titik yang terhubung dan pola tersebut lebih lebar berwarna biru.

Guppy Grass Blue

Grass blue merupakan jenis ikan yang hampir mirip dengan mozaik. Perbedaan yang paling mencolok adalah adanya titik-titik berwarna hitam atau biru gelap pada ekor, sirip dan punggungnya. Selain itu, semuanya memiliki kemiripan. Saat berada di dalam air, maka ikan tersebut nampak begitu bersinar. Oleh karena itu, sangat cocok jika warna dan aksesoris kolam dibuat agak gelap untuk menonjolkan keindahannya.

Guppy Red Singapore

Ikan jenis ini berasal dari Singapore, ikan tersebut memiliki sirip ekor yang lebih lebat dan matanya yang merah. Warna merahnya mendekati oranye dan terasa legam sedangkan warna kuningnya sangat sedikit di bagian insang.

Dalam budidaya atau beternak ikan guppy ini, sebaiknya harus memperhatikan kondisi suhu air maupun lingkungan dengan normal sekitar 27 Celcius untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal. Ikan guppy yang terkenal indah tersebut memiliki gaya yang sangat unik dan menggemaskan waktu menarik pasangannya. Ikan tersebut memang menjadi salah satu primadonannya ikan hias.

Gimana, udah puas belum ngeliat jenis-jenis ikan yang indah di atas tersebut? Ya, begitulah kurang lebih penjelasan dan jenis-jenis ikan guppy tersebut. Sampai di sini dulu ya perjumpaan kita guys, see you..

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in info

To Top