Connect with us

MANANDSHARK

Seberapa Besarkah Bahaya Piranha Bagi Manusia?

info

Seberapa Besarkah Bahaya Piranha Bagi Manusia?

Jika ada pertanyaan siapa predator sesungguhnya di dalam air, hewan apa yang terlintas di pikiranmu? Sepertinya hampir semua dari kita pasti langsung menjawab piranha! Yap, hewan ini sudah mendarah daging di kepala kita. Melalui cabitan dari giginya yang tajam, pastinya kita bukanlah lawan monster ini jika berada di dalam air. Perhatikan video di bawah ini:

Jelas mengerikan bukan? 1 gigitan saja dari ikan piranha, maka akan memeberikan 1 lubang besar pada badan. Bayangkan saja jika sekelompok ikan tersebut menyerbu seorang manusia. Dalam hitungan menit, maka hanya tulang belulang yang tersisa bersama mayatnya. “Kecil-kecil cabe rawit”, itulah yang dapat dilabelkan pada ikan ini.

Asal usul Piranha

Piranha atau piraña adalah ikan air tawar yang termasuk jenis omnivora yang hidup di sungai-sungai Benua Amerika. Dengan senjata giginya yang tajam, orang-orang jelas mengenal ikan ini sebagai hewan pemakan daging meskipun dapat mengonsumsi tumbuhan. Ekosistem dari ikan ini sebenarnya sudah ada sejak delapan atau sembilan juta tahun yang lalu. Dengan habitat yang sama, ikan piranha dapat tumbuh hingga 1 meter saat itu.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh seorang peneliti dari Argentina yang bernama Alberto Cione, ahli fosil dari Museum La Plata Museum, seteleah meneliti fosil dari ikan piranha raksasa yang dinamakan Megapiranha pananensis di tahun 1980. Dalam fosil itu sendiri, ditemukan tiga gigi piranha berukuran besar. Cione mengungkapkan gigi tersebut digunakan untuk mempermudah ikan menerkam mangsanya.

Ukuran dari ikan piranha

Berat dan besar dari ikan piranha bergantung kepada spesiesnya. Tercatat kurang lebih ada 40 spesies dari ikan ini. Panjang tubuh dari ikan yang paling maksimal pernah terscatat adalah 17 inci. Jaraknya dari panjang tersebut ada yang berkisar 5,5 inci minimalnya. Untuk beratnya sendiri, ikan piranha dapat tumbuh hingga berat mencapai 8 kg.

Alasan Piranha berkelompok

Jika anda melihat film discovery ataupun channel lain yang menayangkan tentang piranha, pasti anda akan mengira jika ikan-ikan tersebut berkelompok dikarenakan untuk mempermudah dalam berburu. Ya, itu memang salah satunya. Namun, dibalik itu semua, sebenarnya ikan-ikan ini berkoloni untuk menghindari ancaman dari pemangsanya.

Profesor Anne Magurran dari Universitas St. Andrews dan timnya melakukan penelitian dan sangat mengejutkan dengan prilaku dari hewan tersebut. “Sebelumnya kami mengira piranha bergerak bergerombol untuk bekerja sama dalam berburu mangsanya” kata Anne. Bedanya setelah mengamati kehidupan dari ikan-ikan ini, mereka menemukan adanya kecenderungan formasi tersebut untuk menhindar serang predator yang lebih besar. Piranha adalah salah satu jenis makanan favorit lumba-lumba, caiman dan juga ikan dengan ukuran besar lainnya.

Dari hasil penelitian, didapat data bahwa ikan-ikan yang berada dalam masa reproduksi akan berada di bagian tengah gerombolan. Banyak atau sedikitnya ikan juga tergantung dari besar ancaman yang mereka dapatkan. Pada perairan dangkal, ikan-ikan akan bergerombol dalam jumlah yang bisa melebihi 50 ekor untuk meminimalkan resiko dari serangan predator. “Untuk perairan yang lebih dalam, ikan piranha akan membentuk gerombolan kecil dikarenkan terdapat ruang yang cukup lebar untuk menghindari serangan predator. Ancaman ini lebih ringan dibandingkan ketika berada di permukaan air” Ungkap Anne.

Seberapa berbahaya ikan piranha?

Seorang pakar ikan, Dr. Axelrod menyatakan bahwa ikan piranha sebenarnya tidak berbahaya dalam sebuah stasiun televisi. Setelah mengatakan hal tersebut, dia pun membuktikkannya dengan berenang didalam tank air yang berisi piranha. Dia mengenakan perlengkapan lengkap untuk menyelam dan mulai masuk kedalam air besama sebuah potongan daging yang besar. Axelrod membawanya sambil berenang untuk memancing para piranha untuk mendekatinya. Piranha-piranha tersebut merobek daging yang dibawanya tetapi tidak dengan Axelrod. Ingat, hal ini bukan berarti saya merekomendasikan anda untuk melakukan apa yang dilakukan Axelrod.

Apakah Piranha dilegalkan?

Meskipun sebenarnya piranha tidak benar-benar membahayakan, mereka tetap membahayakan ikan-ikan lainnya. Untuk alasan itu, banyak negara yang membatasinya untuk mengimpor ikan tersebut, berternak dan juga memeliharanya di dalam akuarium. Piranha sangat menganggu sebuah ekosistem air. Bayangkan saja seekor piranha dilemparkan ke tempat lainnya dikarenakan tidak diinginkan pada saat memancing. Tentu ikan ini akan merusak ekologi ikan lain disekitarnya. Untuk itu, beberapa negara tidak melegalkan ikan ini untuk dipelihara.

Jikapun ikan tersebut dilegalkan di negaramu, perlu diingatkan jika ikan tersebut sangat tidak cocok dijadikan sebagai ikan akuarium. Piranha tidak bisa ditempatkan bersamaan dengan ikan lainnya karena mereka adalah predator alami. Bahkan ikan Piranha bisa menjadi kanibal disaat kelaparan. Piranha termasuk hewan yang pemalu dimana mereka dapat menunggu anda untuk pergi setelah memberi mereka makan kecuali ikan-ikan ini kelaparan.

Jika serius pun dalam memeliharanya, harus diingatkan untuk memberi makan sesuai dengan jadwalnya. Piranha sangat menyukai makanan yang masih hidup.Piranha membutuhkan habitat yang cukup tenang untuk bersembunyi, dan jangan dicampur dengan ikan lainnya bahkan spesiesnya sendiri. Karena kengerian dari ikan ini, piranha benar-benar tidak dilegalkan di berbagai negara. Jadi ada baiknya, periksalah peraturan negaramu, sebelum membawa ikan tersebut pulang. Kalo admin sendiri sih, bagus pelihara kembarannya! Ikan Bawal hahahah!

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in info

To Top