Connect with us

MANANDSHARK

Mengenal Lebih Dekat Tentang Ikan Pari

info

Mengenal Lebih Dekat Tentang Ikan Pari

Ingatkah kamu dengan Steve Irwin yang tewas karena ikan pari? Jadi menurut kamu bagaimanakah sebenarnya ikan pari tersebut, apakah termasuk hewan buas atau gimana? Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bagaimana sifat ikan tersebut, maka dari itu untuk mendapat informasi yang lebih lanjut lagi yuk kita simak sama-sama. Ikan Pari Memiliki Ekor Beracun

Ikan Yang Memiliki Ekor Beracun

Ikan pari adalah kelompok ikan yang merupakan ikan bertulang rawan sama dengan hiu. Mereka diklasifikasikan dalam subordo Myliobatoidei dari Myliobatiformes ketertiban dan terdiri dari delapan keluarga yaitu Hexatrygonidae (ikan pari sixgill), Plesiobatidae (ikan pari air dalam), Urolophidae (stingarees), Urotrygonidae (sinar bulat), Dasyatidae (ikan pari whiptail), Potamotrygonidae (ikan pari sungai), Gymnuridae (sinar kupu-kupu) dan Myliobatidae (pari elang).

Ikan ini memiliki bentuk tubuh melebar (depressed) dan gepeng, selain itu memiliki satu pasang sirip dada yang menyatu dan melebar dengan bagian sisi kanan kelapanya. Sehingga ikan ini akan tampak bulat atau oval bagian atas dan bawahnya. Bentuknya yang pipih memudahkan mereka bergerak di dalam air. Gerakan-gerakan bergelombang dari ekor mereka memberi mereka tenaga untuk meluncur mengarungi laut bagaikan terbang tanpa mengeluarkan tenaga.

Image result for ikan pari

Ikan ini memiliki bagian-bagian juga seperti ikan lainnya salah satu insang, mulut, anus dan juga klasper yang terletak pada bagian ventrak pada kelapanya. Bagian ekor pada ikan pari ini dilengkapi dengan duri penyengat yang mengandung racun untuk perlindungan dari ikan ini. Salah satu orang yang pernah tewas karena serangan ikan pari adalah Steve Irwin yang terkenal dengan penjinak buaya atau hewan liar lainnya. Namun, ada juga ikan pari yang tidak memiliki racun seperti yang ada di Indonesia yaitu pari manta.

Pada umumnya ikan pari kecil memiliki panjang mencapai 10 cm dan lebar mencapai 5 cm. Perlu diketahui bahwa ikan ini dapat mencapai panjang 700 cm , lebar 610 cm dan berat mencapai 1-3 ton berdasarkan penemuan dari Bond, 1979. Ikan pari ini merupakan jenis ikan yang banyak dikenali dan dijumpai di seluruh dunia dan ikan ini masih dalam satu famili dengan jenis ikan jerung tetapi tidak memiliki persamaan dengan ikan tersebut.

Image result for ikan pari

Terdiri dari macam-macam jenis dengan ukuran tubuh yang berbeda. Setiap jenisnya juga memiliki kebiasaan yang berbeda dalam menjaga anak-anaknya. Ikan ini juga memiliki mata yang terletak menyamping dan berbentuk hampir seperti hewan darat.

Ada jenis ikan pari yang setelah bertelur di dasar perairan, ikan tersebut akan langsung mengeraminya sampai telur-telur tersebut menetas. Ada juga yang telurnya disimpan di dalam induk ikan pari betina lalu dikeluarkan setelah tersebut sudah menetas. Ikan pari ini telah berevolusi selama 400 juta tahun dan kini ada sekitar 510 spesies hiu dan 650 spesies ikan pari. Ikan pari ini pun juga tidak hanya ada satu jenis saja lho, tetapi di bawah ini akan disebutkan beberapa jenis ikan pari.

Pari torpedo

Ikan pari torpedo adalah nama yang diberikan kepada salah satu jenis ikan pari yang dapat mengeluarkan sengatan listrik. Pari torpedo dapat ditemukan di perairan Mediterania dan samudra Atlantik bagian timur.

Pari hantu

Ikan pari hantu atau manta (Manta birostris) adalah salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya mencapai hampir 6-8 meter (kemungkinan lebih karena ada laporan yang mengatakan bahwa ada manta yang lebar tubuhnya mencapai 9,1 meter). Bobot terberat manta sendiri yang pernah diukur mencapai sekitar 3 ton dan tidak memiliki ekor yang beracun.

Pari mobula

Ikan pari mobula ini dikenal karena kemampuannya melakukan lompatan akrobatik keluar air yang terlihat mempesona, terkadang pun juga bisa mencapai ketinggian tiga meter ke udara, menimbulkan suara percikan keras ketika jatuh kembali ke air.

Fakta Unik Ikan Pari

Hewan ini melayang dengan anggun di perairan pantai dan di sekitar pulau-pulau. Mereka dapat ditemukan di kedalaman lautan, dingin maupun hangat. Tidak hanya itu saja, tetapi masih ada fakta-fakta unik lainnya tentang ikan pari seperti di bawah ini:

Suka menyamar di dasar laut

Ikan pari suka menghabiskan sebagian besar waktunya dengan tidak aktif atau mereka sering mengubur diri pasir. Biasanya mereka memiliki kulit yang senada dengan warna dasar laut, hal ini dilakukan untuk mengecoh musuh. Bagi yang suka snorkling atau berjalan-jalan di perairan harus waspada dengan ikan ini.

Terkadang ikan pari melompat keluar dari air

Biasanya ikan yang melompat ke permukaan air laut adalah ikan paus atau lumba-lumba. Nah kalau kamu ingin melihat ikan pari ini, kamu tidak harus menyelam ke dalam air. Bart, seorang pakar biologi kelautan, mengemukakan bahwa para pengunjung pantai sering melihat ikan pari melompat keluar dari air.

Ikan pari tidak dapat melihat mangsa

Karena mata ikan ini berada di atas tubuh mereka dan mulut mereka pada sisi bawah, ikan pari tidak bisa melihat mangsanya dan sebagai gantinya mereka menggunakan bau dan electroreceptors mirip dengan hiu. Ikan pari suka memakan moluska, krustasea dan kadang-kadang juga ikan kecil. Ikan pari juga memiliki beberapa gigi taring yang kuat.

Ya, itu dia sedikit penjelasan tentang pari tersebut, mungkin sebagian dari kita mengenal pari dengan ekor beracun. Namun, ternyata ada juga yang tidak mengandung racun. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian semua.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in info

To Top