Connect with us

MANANDSHARK

Makhluk Laut Cantik Berbahaya Dan Mematikan

info

Makhluk Laut Cantik Berbahaya Dan Mematikan

Dasar laut selalu menjadi incaran banyak orang, termasuk yang hobby diving. Dasar laut memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Bagaimana tidak, ikan dan terumbu karang yang ada di dasar laut memiliki pesona yang sangat luar biasa indah nya. Ketertarikan para wisatawan turun langsung ke dasar laut adalah untuk melihat spesies-spesies ikan yang unik dan langkah. Namun ternyata dibalik penghuni laut yang indah seperti, terumbu karang dan ikan-ikan unik terdapat makhluk laut yang juga berbahaya. Makhluk laut ini sangat berbahaya dan harus selalu berhati-hati jika kamu lagi diving ke dasar laut. Berikut ini daftar makhluk laut yang harus di waspadai ketika lagi diving.

1. Ubur-ubur api

Ubur-ubur api (Physalia physalis) atau dalam bahasa Inggris disebut Portuguese man o’war merupakan hewan serupa ubur-ubur yang dikenal memiliki sengatan yang melepuhkan, bahkan mematikan. Hewan ini merupakan gabungan dari empat kelompok polip yang terspesialisasi. Ubur-ubur api termasuk dalam suku Physaliidae dengan satu-satunya marga, Physalia. Hanya ada dua jenis (spesies), yaitu P. physalis yang tersebar di perairan hangat dunia dan P. utriculus yang lebih terbatas di perairan Samudera Pasifik dan berukuran lebih kecil. Sengatan P. physalis sangat berbahaya dan meskipun hewan ini terdampar di pantai beberapa hari sengatnya masih kuat untuk melukai.

2. Lion Fish (Pterois / Ikan Lepu)

Selebritis dari laut yang satu ini, karena penampilannya yang cantik telah memancing begitu banyak penggemarnya yang kurang beruntung. Ikan ini dikenal akan kecantikannya, sirip depan yang melambai dan memiliki pola seperti permen tongkat yang menarik. Namun kami ingatkan penampilan bisa menipu. Boleh dilihat tetapi jangan disentuh! Karena hanya dengan kontak singkat saja bisa mengakibatkan penyebaran racun mematikan dari punggungnya yang seperti jarum. Kamu hanya perlu tertusuk duri punggungnya di permukaan kulit Kamu, dan itu cukup untuk memasukkan racun ke dalam tubuh Kamu. Lalu setelah itu, kamu berada dalam masalah.

3. Siput Kerucut (Cone Snail)

 

Walaupun terlihat tidak berbahaya, makhluk yang satu ini adalah moluska kejam. Bayangkan kamu berjalan di pantai berair biru dan jernih lalu kamu menemukan kerang yang indah yang tidak kamu ketahui kalau saat menyentuhnya nyawa kamu bisa melayang. Hewan ini adalah siput yang bergerak sangat lambat sehingga ia membutuhkan senjata lihai untuk berburu mangsa nya. Saat berburu di malam hari, siput kerucut menggunakan indra penciuman untuk melacak ikan yang sedang tidur, kemudian menembakan semacam jarum beracun (seperti jarum suntik ditembakkan ke mangsa).

Senjatanya menyebarkan rancun, lalu racunnya menyebar ke semua organ seperti jantung dan bahkan membuat otot-otot mangsanya menjadi lumpuh dan siput itu akan menelan si ikan selagi ikannya masih hidup dan lumpuh lalu menelannya bulat-bulat. Perlu di ingat, makhluk yang memburu ikan adalah makhluk yang berbahaya bagi kita. Bagi manusia, kita takkan dimakan hidup-hidup namun cara kerja bisa-nya sama. Karena racun mereka berkembang untuk melumpuhkan ikan (makhluk vertebrata) oleh karena itu manusia sebagai makhluk vertebrata juga akan mengalami pengaruh yang sama jika terkena racun siput kerucut.

 

4. Karang Api

Penampilan karang api memang tampak seperti karang biasa. Secara teknis, mereka bukanlah karang, karena lebih terkait dengan Hydra dan hydrozoan lain. Satu sentuhan terhadap mereka akan memberikan seseorang luka bakar yang parah, kemudian berkembang menjadi ulkus. Memang tampaknya tidak fatal, tetapi dapat menyebabkan nyeri, shock dan kehilangan kesadaran.

5. Ikan Batu

Ikan batu (Synanceia verrucosa) adalah ikan karnivora dengan jarum beracun yang tinggal di dasar terumbu karang, berkamuflase sebagai batu. Ikan batu merupakan salah satu ikan paling beracun di dunia. Area punggungnya dilindungi dengan 13 duri, dua diantaranya memiliki kantung racun. Efek racunnya mengakibatkan nyeri, shock, kelumpuhan bahkan kematian.

6. Ubur- Ubur

Ubur-ubur sudah lama dikenal sebagai hewan laut yang berbahaya. Hewan yang termasuk dalam kelas Scyphozoa ini memiliki tubuh berbentuk payung berumbai, dapat membuat gatal pada kulit bila tersentuh. Jenis ubur-ubur yang paling berbahaya adalah dari kelompok Cubozoa. Sengatan tentakelnya bisa menimbulkan kematian. Ubur-ubur yang paling mematikan dari kelompok ini adalah ubur-ubur Irukandji, yang ukurannya kecil. Ubur-ubur ini hidup di sekitar pantai Australia.

7. Gurita Cincin Biru

Gurita cincin biru dapat diidentifikasi dengan pola cincin-cincin berwarna biru atau hitam pada kulitnya yang biasanya berwarna kuning. Hewan ini termasuk dalam genus Hapalochlaena dan terdiri dari tiga atau empat spesies. Meski ukuran tubuhnya relatif kecil (sekitar 12-20 cm), namun memiliki racun yang cukup untuk membunuh 26 manusia dewasa dalam hitungan menit. Gigitan mereka kecil dan tak terasa sakit, sehingga banyak korban tidak menyadari mereka telah terkena racun sampai mereka mengalami depresi pernapasan dan kelumpuhan. Belum ditemukan penawar racun gurita cincin biru sehingga membuatnya menjadi salah satu penghuni terumbu mematikan di lautan.

Itulah makhluk dasar laut yang berbahaya. Sedikit lucu dan unik namun menyeramkan bukan? buat kamu guys yang ingin diving hati-hati ya jika ketemu penghuni laut yang ada di atas.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in info

To Top