Connect with us

MANANDSHARK

Kumpulan Spesies Langka Dan Unik

info

Kumpulan Spesies Langka Dan Unik

Bumi ini memang unik, baik dari segi yang langsung terlihat maupun yang sulit untuk ditemui. Tidak hanya dari lingkungannya, makhluk hidupnya juga unik dan tentunya beraneka ragam. Nah, ditinjau dari makhluk hidup yang unik, dalam laut ternyata banyak makhluk hidup yang unik. Menurut laporan yang ada, manusia masih baru mengekplorasi lima persen dari lautan di planet ini.

Nah, dari 5 persen itu banyak ditemukan spesies unik di dalamnya. Jadi, bayangkan saja seberapa banyak spesies yang masih belum ditemukan di dunia ini. Spesies unik ini bahkan banyak yang tampak mengerikan, seolah-olah mereka ini adalah kiriman para alien. Huff, daripada panjang lebar, yuk kita simak saja apa saja nama-nama mereka ini.

1. Tardigrades

Dikenal juga sebagai “beruang air”, hewan ini luar biasa, mikroskopis yang dapat bertahan dalam kondisi ekstrim bumi. Hewan ini ditemukan di semua bagian dunia, mulai dari puncak Himalaya hingga di dasar samudera, dan dari kutub hingga di bagian ekuator.

2. Siphonophore

Siphonophore adalah suatu kumpulan ubur-ubur yang menggabungkan diri menjadi sebuah koloni raksasa. Ketika mereka saling bergabung, ada ubur-ubur yang berperan sebagai mulut, yang lainnya berperan sebagai perut. Makhluk ini bisa tumbuh hingga 13 meter panjangnya. Dia bisa memiliki banyak mulut dan juga banyak perut. Di dalam kegelepan air, dia menjangkau makanan dengan tentakel-tentakelnya yang mematikan.

3. Frilled Shark

Frilled Shark termasuk salah satu dari dua spesies yang tersisa dari ikan hiu di Chlamydoselachidae keluarga, dengan distribusi yang luas tapi tidak merata di Samudra Atlantik dan Pasifik. Ikan ini bisa mencapai panjang 2 m (6,6 kaki) dan memiliki sisi coklat gelap, tubuh dengan sirip punggung, panggul, dan anal ditempatkan jauh ke belakang.

4. Goose Barnacle

Goose Barnacle memiliki tentakel yang jumlahnya banyak. Tubuh atau tangkainya biasanya tumbuh sepanjang 15 cm. Bisa juga tumbuh hingga 80 cm sedangkan kepalanya berukuran 5-7 cm.

5. Marrus Orthocanna

Ini bukan seekor individu hewan, melainkan sebuah koloni hewan yang terdiri dari beberapa individu (disebut zooids) yang dihubungkan oleh semacam tongkat.

6. Pink Sea-Through Fantasia

Pink Sea-Through Fantasia ini begitu transparan sehingga sistem pencernaannya terlihat dari luar. Makhluk luar biasa ini sering ditemukan di daerah terpencil Samudra Pasifik Barat.

7. Dumbo Octopus

Gurita yang hidup di laut dalam, Dumbo octopus memiliki telinga seperti sirip dan dapat hidup sampai ke 23.000 kaki di bawah permukaan laut.

8. Viperfish

Makhluk laut yang menyeramkan ini adalah salah satu pemangsa sengit laut, menggunakan gigi mereka untuk melumpuhkan mangsa. Viperfish bisa hidup di kedalaman lautan. Pada malam hari, makhluk mengerikan ini akan berenang menuju laut yang lebih dangkal, dimana di situ terdapat lebih banyak makanan. Viperfish bisa tumbuh hingga mencapai panjang 2 m.

9. Australian Ghost Shark

Dikenal sebagai ikan gajah atau ikan putih, ikan hiu ini ditemukan di Australia Tenggara, termasuk Tasmania.

10. Vampire Squid

Vampire Squid berenang seperti kelawar yang sedang terbang. Sotong ini hidup di lautan dalam sekitar ke dalam 2 ribu hingga 3 ribu kaki.

11. Whale Shark

Whale Shark adalah jenis hiu paling besar yang hidup di dunia. Dalam kehidupannya, hiu ini terlihat memiliki bintik-bintik pada tubuhnya. Ikan ini juga dapat hidup hingga usia 70 tahun dan dipercaya spesies ini berasal dari sekitar 60 juta tahun yang lalu.

12. Goblin Shark

Hiu Goblin memiliki gigi seperti kuku di rahangnya yang dapat digerakkan jauh keluar untuk menangkap musuhnya. Hewan ini jarang ditemukan karena habitatnya berada di laut yang dalam dan jarang bersentuhan dengan manusia.

13. Promachoteuthis Sulcus

Promachoteuthis Sulcus adalah nama dari hewan aneh di atas. Alasan kenapa nama hewan ini sangat ilmiah karena hewan ini ditangkap secara kebetulan, hanya ada 1 spesimen tunggal yang ditemukan di wadah riset Jerman pada kedalaman sekitar 6000 kaki di bawah laut. Promachoteuthis Sulcus merupakan spesies cumi-cumi yang secara mengerikan memiliki gigi menyerupai manusia, berkaki delapan, dan 2 tentakel.

14. Mola Mola

Mola-mola mempunyai hobi yang unik yaitu berjemur ke permukaan laut, sehingga dia sering disebut juga sebagai Sun fish. Pada umumnya semua jenis ikan selalu mempunyai sirip ekor. Berbeda dengan mola-mola ia nyaris gak punya sirip ekor.

15. Barreleye Fish

Barreleye Fish hidup di laut dalam sekitar 600an meter dekat Samudera Pasifik. Beberapa bagian tubuhnya bewarna gelap kecuali pada bagian sirip dan kepalanya yang transparan. Jika ditengok sekilas, seperti pesawar tempur ya!

16. Sarcastic Fringehead

Sarcastic Fringehead merupakan ikan ganas dengan mulut terbesar di dunia. Ukuran dari ikan ini bisa mencapai 30 sentimeter Ikan ini bisa ditemukan di lepas pantai Pasifik Amerika Utara, California, Amerika Serikat.

17. Anglerfish

Anglerfish adalah ikan karnivora dengan ukuran tubuh sekitar 8 inci (20 cm) sampai dengan 3,3 kaki (1 m), berat tubuh mencapai 50 kg. Ikan ini memiliki kepala besar dengan mulut lebar berbentuk bulan sabit yang dipenuhi dengan gigi tajam.

18. Giant Isopod

Giant Isopod hidup dalam kedalaman 6000 meter di bawah laut. Ini menjadi alasan kenapa Isopod raksasa tidak diketahui keberadaannya oleh manusia sebelum dekade terakhir ini. Hewan ini menghuni gelap dan dinginnya laut Pasifik, Atlantik, dan lautan India.

Oke, cukup dulu sampai disini guys! Masih banyak lagi sebenarnya yang tidak disebutkan. Jika ada waktu untuk melanjutkannya, saya akan melanjutkannya di artikel selanjutnya. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in info

To Top