Connect with us

MANANDSHARK

Deretan Fenomena Yang Pernah Terjadi Di Lautan

info

Deretan Fenomena Yang Pernah Terjadi Di Lautan

Lautan tak hanya terlihat indah tapi sebenarnya juga mengerikan apalagi jika ombaknya sedang bergulung-gulung, sehingga membuat kebanyakan manusia lebih memilih untuk mengaguminya dari pantai dibanding melayari hamparan air birunya yang tak berujung.

Selain dari kedua hal tersebut, laut juga memiliki misteri dan fenomena yang di antaranya bahkan belum dapat dipecahkan penyebabnya. Jika kamu ingin tahu apa saja misteri tersebut, berikut ini adalah beberapa fenomena mengagumkan yang pernah terjadi di lautan.

*Bioluminescence*

Fenomena ini bisa dibilang merupakan yang paling indah yang pernah terjadi, di mana reaksi kimia alami yang disebut bioluminescence, terjadi pada saat sebuah mikro-organisme di dalam air terganggu oleh oksigen yang menyebabkan bakteri bioluminescent bersinar dan ini benar-benar sangat indah.

*Pusaran Air*

Pusaran air ini merupakan sebuah fenomena yang sering terjadi di lautan. Pusaran air tersebut dikatakan  sangat berbahaya karena ini dapat menyedot apa pun yang berada di sekitarnya dan pada akhirnya pusaran air tersebut akan menenggelamkannya hingga ke dasar laut.

*Pasang Merah*

Fenomena menakjubkan selanjutnya adalah pasang merah atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan ‘red tide’. Fenomena pasang merah ini disebabkan oleh beberapa spesies ganggang yang menyebabkan air di bagian pesisir terlihat berwarna merah.

Dibalik keindahannya, pasang merah ini ternyata juga dikaitkan dengan produksi racun alami. Efek yang paling mencolok yaitu pasang merah dapat menyebabkan kematian pada beberapa hewan yang terkena pasang merah ini. Pasang merah pernah terjadi di lepas pantai La Jolla San Diego, California.

*Bunga Es*

Apakah kalian pernah mendengar tentang fenomena bunga es? Fenomena ini mengatakan bahwa jika disentuh bunga es ini sangat halus tapi juga terlihat sangat indah. Fenomena bunga es ini biasanya kerap ditemukan di perairan laut yang dingin. Fenomena Bunga es biasanya terbentuk ketika kondisi cuaca sangat dingin dan ketika angin bertiup sangat sedikit. Mereka dapat tumbuh dengan diameter yang mencapai 4 cm.

Jika disentuh bunga es ini sangat halus dan terlihat sangat indah. Fenomena bunga es biasanya kerap ditemukan di perairan laut yang dingin. Fenomena Bunga es biasanya terbentuk ketika kondisi cuaca sangat dingin, ketika angin bertiup sangat sedikit. Mereka dapat tumbuh dengan diameter yang mencapai 4 cm.

*Pertemuan Dua Lautan*

Pertemuan dua lautan merupakan fenomena yang sangat menakjubkan yang pernah terjadi di mana Samudera Atlantik dan Mediterania bertemu, tapi tidak bercampur satu sama lain.

Yang lebih menakjubkannya lagi adalah bahwa pertemuan dua lautan ini sudah dijelaskan dalam Al Quran sejak zaman dulu. “Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak bisa dilampaui masing-masing.” (Q.S Ar-Rahman: 19-20).

*Sungai Di Dasar Laut*

Sungai di dasar laut? Apakah itu benar? Tentang fenomena sungai di dasar laut sudah pernah dijelaskan dalam Al Quran sejak zaman dulu. Sungai ini memiliki air tawar yang mengalir di dasar laut yang asin dan juga ditumbuhi dengan daun dan pohon.

“Dan Dialah (Allah) yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan), yang satu tawar dan segar dan yang lainnya asin. Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.” (Q.S Al Furqan: 53).

*Api Di Dasar Laut*

Bagi kita pasti tidak dapat mempercayai tentang adanya api yang berada di dasar laut. Api yang berada di dasar laut ini sangat mirip seperti gunung berapi yang ada di darat yang mengeluarkan lava cair dan abu vulkanik. Suhunya tak tanggung-tanggung bisa mencapai 231 derajat Celcius. Meskipun sangat panas, namun api ini tidak akan bisa untuk memanaskan air yang berada di atasnya, begitupun seluruh air tersebut tidak akan mampu memadamkan api tersebut.

Tentang api di dasar lautan juga pernah dijelaskan oleh Al Quran sejak dulu, “Demi bukit. Dan kitab yang tertulis. Pada lembaran yang terbuka. Dan demi Baitul Makmur (Ka’bah). Dan demi surga langit yang ditinggikan. Dan demi laut, yang di dalam tanah ada api.” (Q.S At-Thur: 1-6).

*Brinicle*

Sebuah brinicle atau air garam es dapat terbentuk menjadi es bawah laut ketika aliran air menjadi sangat dingin. Fenomena laut yang aneh ini terjadi ketika air yang kaya akan garam bocor dari es laut, kemudian tenggelam ke dalam laut serta membentuk jenis es yang unik.

Brinicle biasanya terjadi pada perairan laut yang bersuhu dingin seperti kutub Utara dan Selatan. Fenomena ini juga bisa menjadi sangat berbahaya untuk makhluk yang hidup di dalam laut.

Wow ini benar- benar Awesome sekali kan guys, apa yang terjadi di lautan ini benar-benar diluar pikiran kita, Jadi intinya apapun itu jika Tuhan sudah berkehendak semua yang tidak mungkin maka akan menjadi mungkin.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in info

To Top