Connect with us

MANANDSHARK

Cryptotora Thamicola, Ikan Yang Bisa Berjalan

info

Cryptotora Thamicola, Ikan Yang Bisa Berjalan

Heihei,, jumpa lagi deh sama eykee. Oiya, kalian percaya nggak kalau ada ikan yang jago banget berjalan selayaknya hewan berkaki empat? Nggak percaya kan? Iya sama eykeee juga awalnya gak percaya tapi ikan kayak gitu emang beneran adaloh. Ikan tersebut memiliki nama latin yaitu Cryptotora Thamicola. Ia merupakan spesies ikan paling langka di Thailand Utara. Ikan ini dapat tumbuh hingga 1,1 inci dan mata ikan ini tidak terlihat sama sekali.

Sekitar 375 juta tahun yang lalu nenek moyang makhluk darat keluar dari lautan sehingga kemudian muncullah makhluk-makhluk baru yang bisa berjalan di daratan. Selama puluhan tahun ilmuwan sudah menemukan bukti kuat tentang kebenaran teori itu. Banyak ilmuwan yang mencari fosil-fosil hewan darat dan laut serta melihat karakteristiknya. Tujuan pencarian tersebut adalah untuk menemukan hewan laut yang punya karakteristik hewan darat ataupun sebaliknya. Kini pencarian tersebut sudah terbukti dan ilmuwan yang bernama Dr Brooke Flammang berhasil menemukan makhluk itu.

Dr Brooke Flammang mengungkapkan bahwa ikan iyu dapat ditemukannya dialiran yang deras seperti jeram dan air terjun. Ikan itu umumnya mendaki permukaan batu terjal di air terjun yang mengalir cepat. Panggul dan tulang belakang ikan tersebut berfungsi untuk menopang berat badan terhadap gravitasi dan mengandalkan otot mereka untuk berjalan.

Ikan Cryptotora Thamicola buta karena kondisinya yang memang tidak memiliki cahaya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports, ikan itu menggunakan metode unik dari gerakan yang memungkinkannya untuk berjalan seperti binatang berkaki empat bahkan dapat memanjat jalan sampai air terjun. Ia memiliki fitur morfologi yang sebelumnya hanya digunakan oleh mamalia berkaki empat. Ketika Flammang pertama kali melihat ikan merah muda ini dalam rekaman yang diambil oleh penulis Daphne Soares dan ia terpesona oleh gerakkan nya. Biasanya ikan lain menggunakan sirip untuk berjalan tetapi ikan ini justru berjalan dengan menggunakan keterampilan barunya.

Ikan tersebut sering berada dalam kegelapan di gua-gua Thailand dan sangat cepat bergerak di batu serta aliran air terjun yang deras. Ia berjalan secara cepat keatas dan penelitian juga mengatakan bahwa kecepatan yang dimilikinya untuk berjalan berasal dari mata yang berfungsi dengan baik ketika berada dalam aliran air yang deras. Spesies itu sebenarnya sudah ditemukan pada tahun 1985. Namun kemampuannya berjalan seperti hewan darat baru saja terungkap. Spesies ini benar-benar terlihat menikmati perjalanannya di atas permukaan batuan persis seperti hewan berkaki empat.

Gimana guys menarik bukan ceritanya? Walaupun kedengarannya aneh tetapi ikan seperti itu memang beneran adakan? Mungkin ini kali ya yang disebut keajaiban dunia, wkwkwk.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in info

To Top