Connect with us

MANANDSHARK

10 Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Cantik Dan Unik

info

10 Jenis Ikan Hias Air Laut Yang Cantik Dan Unik

Ada banyak sekali jenis ikan yang hidup di laut, sebagian darinya adalah jenis ikan air laut yang bisa dikonsumsi dan sebagiannya lagi untuk ikan hias. Ada pula ikan laut yang hidup diperairan dangkal dan ada pula yang hidup dilaut yang dalam. Ngomongin ikan hias, kamu pecinta ikan hias gak? Tentu sangat mengasyikkan kalau memelihara ikan hias air laut di dalam akuarium. Selain warnanya yang cantik, bentuknya juga unik dan ikan hias air laut ini terkenal agresif dibandingkan ikan hias air tawar. Berikut ini adalah ikan hias air laut yang cantik dan unik:

Mandarinfish

Ikan hias ini juga terkenal dengan nama Naga Cina, ikan ini berasal dari Samudera Pasifik Tenggara di utara Australia. Ini adalah salah satu spesies ikan yang paling indah karena motif cantik dan warnanya yang cerah. Mandarinfish sedikit sulit untuk dipelihara di akuarium karena mereka hanya makan makanan hidup. Daya tahan tubuh Mandarinfish cukup kuat terhadap beberapa penyakit umum yang biasa menerpa ikan lain.

Watchman Gobies

Ikan hias Watchman Gobies dengan nama ilmiahnya Cryptocentrus. Ikan tersebut terkenal dengan beberapa pola, tapi pola yang terkenal ialah bluspotted dan pink spotted watchman goby. Watchman Gobies merupakan ikan yang agresif dan salah satu dari sekian spesies ikan hias air asin yang cocok bagi para pemula yang ingin memelihara, karena ikan hias air laut ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta kemampuan berenangnya. Makanan pokok untuk ikan hias Watchman biasanya memakan udang kecil.

Blue Devil

Ikan hias air laut Blue Devil memiliki nama ilmiah Paraplesiops bleekeri merupakan ikan yang memiliki tubuh estetis, nama ikan tersebut tidak seseram bentuknya. Tubuhnya yang tidak besar tersebut tidak perlu menggunakan aquarium yang super besar karena rata-rata jenis ikan ini cenderung ramping dan kecil dengan warna biru di bagian tubuh berbintik putih. Baiknya jika ingin memelihara ikan hias air asin Blue Devil berikan beberapa ornamen karang di aquarium karena di habitat aslinya ikan ini suka berenang diantara karang-karang.

Moorish Idol

Sebagai salah satu ikan yang paling khas dan indah, Moorish Idol merupakan satu-satunya anggota keluarga ikan Zanclidae yang masih hidup sejak zaman prasejarah. Meskipun cantik, namun Moorish Idol tidak cocok dipelihara di akuarium karena mempunyai rentang usia yang pendek. Ikan ini mendapatkan namanya dari orang-orang suku Moor di Afrika yang percaya ikan itu adalah jimat keberuntungan.

Badut Clownfish

Siapa yang tidak kenal dengan ikan Badut Clownfish? Ikan ini merupakan pemeran utama dalam film “Finding Nemo”. Jenis ikan hias air laut ini memiliki nama ilmiah amphiprioninae. Banyak yang tidak mengetahui mengapa ikan hias tersebut dijuluki ikan badut, mungkin karena warnanya yang menyerupai kostum badut. Ikan yang lucu ini sangat senang sekali bersembunyi diantara terumbu karang, jadi jika ingin memeliharanya ikan hias air asin Clownfish harus menyediakan karang di aqurium agar ikan ini merasa berada di habitatnya.

Butterfly Fish

Butterfly fish memiliki nama ilmiah “Chaetodontidae” yang memiliki habitat besar di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara, oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan hias air asin. Dengan bentuk dan coraknya yang bergaris hampir menyerupai sayap kupu-kupu oleh karena itu dinamakan Butterfly Fish. Akan sangat indah sekali pesona ikan tersebut jika dijadikan hiasan ruangan dalam aquarium yang berukuran besar agar ikan tersebut bisa berlari bebas.

Kakaktua Fish

Sebenarnya ada sekitar 90 spesies ikan yang berbeda disebut Ikan “Kakaktua” ini. Asal-usul nama ikan ini adalah karena ia mempunyai mulut seperti paruh berbentuk kait. Ikan Kakaktua mempunyai nafsu makan yang sangat besar dan kalau kamu tidak dapat menyediakan makanan untuknya, disarankan untuk tidak usah memeliharanya.

Ikan Kakaktua dianggap penting untuk kelangsungan hidup terumbu karang karena mereka makan rumput laut dan hama lainnya yang dapat merusak terumbu karang. Para pencinta lingkungan laut menyarankan agar ikan ini dilindungi untuk menjaga terumbu karang.

Banggai Fish

Ikan cantik ini berasal dari Kepulauan Banggai, Indonesia. Ikan Banggai merupakan salah satu ikan akuarium paling populer dan salah satu dari beberapa ikan laut yang sekarang secara teratur dibesarkan di penangkaran. Sayangnya, ikan ini sekarang sudah terancam punah di alam liar karena penangkapan yang berlebihan.

Dalam proses perkembangbiakkannya, ikan Banggai memiliki kebiasaan yang sedikit berbeda dari keumuman ikan-ikan lain. Apabila ikan-ikan lainnya ketika berkembangbiak, betina yang bertelur dan jantan yang menjaga telurnya. Namun untuk ikan Banggai ini kebiasaan tersebut tidak berlaku, ikan Banggai jantan maupun betina akan saling bergantian dalam mengurus telur-telurnya.

Neon Tetra

Ikan ini memiliki nama ilmiah Paracheirodon innesi dan habitatnya banyak yang tinggal di daerah kolombia dan peru. Neon Tetra merupakan ikan yang dikenal dengan kekhasan warna keemasan bergaris tipis berwarna biru menyerupai lampu neon dibagian tubuh belakang hingga ke bagian dekat mata.

Tuh, cantik-cantik kan ikannya? Kamu tertarik untuk memelihara salah satunya? Kan lumayan untuk dipandang-pandang disaat lagi stres karena kerjaan menumpuk, kamu bisa bermain sejenak dengan ikan-ikan lucu tersebut. Sampai sini dulu ya informasi tentang ikan hias air lautnya dan semoga bermanfaat untuk kamu.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in info

To Top