Connect with us

MANANDSHARK

Yuk, Intip Jenis-Jenis Bintang Laut Yang Unik

Blog

Yuk, Intip Jenis-Jenis Bintang Laut Yang Unik

Pernahkah kamu melihat hewan bintang laut secara langsung? Lucu dan indah bukan? Dari namanya saja sudah pasti tau dong kalau hewan ini memiliki bentuk seperti bintang di langit. Nah, untuk lebih mengetahui hewan unik ini, yuk kita lihat di artikel yang satu ini.

Bintang Laut Bukanlah Ikan

Bintang laut atau dalam Bahasa Inggris disebut starfish tersebut bukan termasuk spesies ikan. Bintang laut sebenarnya adalah echinodermata yang termasuk dalam kelas Asteroidea. Meskipun mereka hidup di dalam air, namun mereka bukan ikan. Bintang laut tidak memiliki insang, sisik atau sirip. Bintang laut juga bergerak dengan gerakan yang cukup berbeda dari ikan. Ikan bergerak dengan cara mendorong tubuh menggunakan ekor, sedangkan bintang laut bergerak dibantu dengan kaki tabung mereka yang kecil.

Bintang laut merupakan salah satu hewan yang indah dan memiliki banyak macam warna, ukuran serta bentuk. Mereka memiliki tubuh yang halus dengan duri-duri di atas permukaan badannya yang lembut. Di bagian bawah tubuhnya, mereka memiliki kaki tabung yang akan bergerak-gerak jika kita balikkan badannya.

Pada umumnya, bintang laut memiliki lima lengan atau sudut seperti yang kita ketahui. Namun nyatanya tidak semua dari hewan tersebut memiliki lima lengan. Ada beberapa jenis yang memiliki lebih dari lima lengan misalnya saja bintang matahari yang memiliki hingga 40 lengan.

Bintang laut menghuni setiap lautan dunia termasuk Samudera Atlantik, Pasifik, Hindia serta di Kutub Utara, meskipun keanekaragaman bintang laut terbanyak ditemukan di lautan Hindia dan Pasifik. Selain di laut dalam, bintang laut juga ditemukan di perairan dangkal, akan tetapi tidak pernah terlihat di air tawar.

Ada hal unik yang mungkin belum kamu ketahui, apa itu? Bintang laut dapat menumbuhkan kembali lengan mereka yang hilang. Hal ini juga berguna ketika mereka terancam oleh predator sehingga mereka dapat memutuskan lengannya kemudian pergi. Tumbuhnya lengan baru pada bintang laut biasanya membutuhkan waktu sekitar satu tahun.

Jenis-Jenis Bintang Laut

Hewan ini tidak hanya memiliki satu jenis saja, terdapat berbagai jenis bintang laut dan diperkirakan mencapai dua ribu spesies berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis dari bintang laut, silahkan disimak ya.

Morning sun star

Bintang laut jenis ini ditemukan di Samudra Pasifik bagian utara pada kedalaman sekitar 420 m (1.380 kaki). Makanan Bintang Laut Morning sun star adalah memangsa bintang laut lainnya. Ciri Khusus Bintang Laut Morning sun star ialah bagian tengah tubuh lebar dan memiliki 8 hingga 16 lengan akan tetapi umumnya 11 hingga 12 lengan. Permukaan atas halus, warna pada umumnya merah, orange, abu-abu atau cokelat pucat tetapi kadang-kadang dengan patch pucat.

Pink short spined star

Nama Latin Bintang Laut Pink short spined star adalah Pisaster brevispinus yang juga ditemukan di Samudera Pasifik. Makanan Bintang Laut Pink short spined star adalah kerang, cacing tabung, ikan yang mati, cumi cumi, teritip dan biskuit laut (sand dollars).

Ciri Khusus Bintang Laut Pink short spined star beratnya bisa mencapai 2 pon, memiliki duri yang panjangnya 2 mm. Lembut dan juga lembek yang memungkinkannya bisa menempel dan menekuk di karang. Perkembangbiakan Bintang Laut Pink short spined star dengan pemijahan metode bebas yang berarti bintang laut betina melepaskan gamet di air dan bisa dibuahi oleh jantan manapun.

Leather star

Bintang laut jenis ini memiliki nama latin yaitu Dermasterias imbricata yang ditemukan di daerah pesisir barat Amerika Utara dari pusat Alaska ke Meksiko utara. Makanan Bintang Laut Leather star adalah ganggang dan berbagai invertebrata termasuk asteroid, bryozoa, landak laut, spons, teripang, hidroid, pena laut dan kolonial tunicates.

Ciri Khusus Bintang Laut Leather star adalah memiliki pusat tubuh yang lebar, ada lima lengan yang besar (gemuk), lengan ini pendek serta lancip ke ujung dan melebar pada pusat tubuhnya. Selain itu lengan-lengannya memiliki dua baris kaki tabung.

Permukaan atas halus dan beludru ditutupi dengan pola dan sering dengan bercak keabu-abuan-biru. Perkembangbiakan Bintang Laut Leather star yaitu pemijahan dari bulan April sampai Agustus. Bintang laut betina melepaskan telur kuning yang dibuahi dalam air.

Granulated sea star

Hewan ini memiliki nama Latin yaitu Choriaster granulatus yang ditemukan di Afrika Timur, Indo-Pasifik wilayah, Great, Barrier Reef, laut Merah, Vanuatu, Fiji, Papua Nugini. Makanan Bintang Laut Granulated sea star adalah ganggang, detritus dan hewan yang mati. Ciri Khusus Bintang Laut Granulated sea star ini ialah hewan ini biasa tumbuh hingga 27 cm, memiliki 5 lengan yang besar (tebel) dan pendek serta berwarna merah muda pucat.

Bat sea star

Nama Latin Bintang Laut Bat sea star ini adalah Patiria miniata yang ditemukan di Sepanjang pantai Central California dan Monterey Bay. Makanan Bintang Laut Bat sea star adalah ganggang dan hewan-hewan laut yang mati, detritus (tanaman membusuk dan bagian-bagian hewan serta kotoran). Ciri khas Bintang Laut Bat sea star ialah bernafas dengan insang, memiliki sensor visual yang berguna untuk mendeteksi cahaya dan mangsa.

Itu dia kurang lebih penjelasan tentang hewan lucu si bintang laut tersebut serta jenis-jenisnya. Gimana? Mungkin kamu baru tahu ya kalau bintang laut memiliki banyak jenis. Ya, semoga dengan membaca artikel ini kamu mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Blog

To Top