Connect with us

MANANDSHARK

Seluk Beluk Ikan Sapu-Sapu Hingga Bahayanya Dikonsumsi

Blog

Seluk Beluk Ikan Sapu-Sapu Hingga Bahayanya Dikonsumsi

Pernah main ke sungai nggak? Jika pernah pasti kalian sering melihat ikan yang bentuknya aneh. Kulitnya keras, rada-rada mirip lele tapi nggak punya kumis. Nah, ikan itu namanya ikan sapu-sapu. Jika mancing di sungai terus dapatnya ikan sapu-sapu, jangan harap bisa dimakan deh! Pasalnya ikan ini dari bauknya saja udah nggak enak apa lagi rasanya.

Selain memiliki bauk yang nggak sedap, ikan ini juga memiliki bahaya lho jika dikonsumsi. Nah, jadi buat yang sering mancing di sungai dan dapatnya ikan sapu-sapu, sebaiknya buang lagi aja deh di sungai. Tapi ada juga orang-orang yang sengaja menangkap ikan ini untuk diletakan pada akuariumnya karena katanya sih ikan ini rajin, soalnya sesuai dengan namanya ikan sapu-sapu. Ikan ini juga bisa membuat akuarium menjadi bersih. Hmm bagus juga ya, jadi nggak capek-capek buat bersihin akuarium sering-sering lagi.

Seperti Apa Ikan Sapu-sapu Itu?

Ikan yang berasal dari Amerika tropis ini adalah ikan air tawar, ia juga masih termasuk kedalam famili Loricariidae, namun tak semua anggota dari Loricariidae adalah sapu-sapu. Selain dikenal sebagai ikan sapu-sapu, ikan ini juga memiliki nama lain, yakni ikan bandaraya. Selain itu juga dalam perdagangan ikan internasional ikan ini dikenal juga sebagai plecostomus atau singkatannya, plecos dan plecs.

Sapu-sapu adalah ikan air tawar yang terkenal sebagai pemakan alga/”lumut, yang lebih populernya lagi ikan ini juga disebut sebagai pembersih akuarium. Sebagai ikan pembersih akuarium, pastinya ikan ini bisa hidup berdampingan dengan ikan akuarium lainnya. Ikan ini banyak dicari para pemelihara ikan hias dan untuk diperdagangkan sebagai pembersih akuarium ikan ini dijual dalam ukuran kecil dan sedang. Sebagai pembersih, ikan ini adalah jenis ikan omnivora (pemakan segala). Namun lebih sering mencari sisa-sisa tumbuhan air pada saat malam hari.

Ikan ini memiliki 2 alat pernafasan, alat pernafasan yang pertama adalah insang dan labirin, keduanya digunakan untuk di perairan yang berbeda. Misalnya dengan menggunakan insang biasa ikan sapu-sapu sedang berada di air yang jernih. Namun jika berada di air yang keruh, maka ikan sapu-sapu bernafas menggunakan labirin. Dengan kedua alat pernafasan tersebutlah ikan ini dapat hidup meski didalam lumpur sekalipun.

Masalah makanan, setiap makhluk hidup pasti membutuhkan makan. Sama halnya dengan sapu-sapu, ia juga membutuhkan makanan dan pangan ikan ini adalah mentimun. Tak hanya mentimun saja, ikan sapu-sapu juga memakan lendir-lendir hewan dan lumut. Ikan yang termasuk kedalam jenis ikan Omnivora dan termasuk ikan yang pendamai dengan ikan lain, kecuali common pleco yang dapat melukai ikan pendamai yang lainnya. Contoh makanannya yaitu : 1) Non hidup : Algae wafer, sisa pakan ikan, ikan mati, mentimun yang ditenggelamkan,etc. 2) Hidup : Algae, kutu air, infusoria.

Jenis Ikan Sapu-sapu

Sebagai jenis ikan yang dapat dipelihara didalam akuarium sebagai ikan hias, maka beberapa jenis sapu-sapu ini paling sering diburu para pengobi ikan hias.

Hypancitrus Zebra

Ikan ini mempunyai corak pada bagian tubuh berwarna putih dan hitam layaknya zebra cross. Dengan corak hitam membentuk sebuah lingkaran di seluruh tubuhnya dari insan dan mulut. Sedangkan untuk putihnya berbentuk horizontal yang melintang di sebagian tubuh, yaitu dari pangkal ekor hingga insang. Ikan ini menjadi ikan sapu-sapu kaca paling mahal.

Sapu-sapu Leopard

Ikan sapu-sapu pleco satu ini berasal dari Brasil. Disebut dengan leopard disebabkan karena bentuk dan warna tubuhnya memiliki corak yang sama dengan leopard. Dibadannya terdapat totol-totol seperti macan berwarna hitam besar dan dasar warna kekuningan. Panjang dewasa mencapai 25-30 cm saja.

Sapu-Sapu Leopard Frog Pleco

Berbeda dengan pleco, ini berasal dari sungai Tapajos. Ciri-ciri mempunyai warna dan corak yang mirip dengan seekor katak liar di Amazon. Memiliki panjangtubuh 10 sampai 15 cm saja. Tidak heran kalau dinamakan sapu-sapu atau peleco sedang.

Golden Royal Line Pleco

Jenis ikan sapu-sapu ini banyak ditemukan di Venezuela dengan ciri-ciri memiliki warna tubuh coklat berbentuk horizontal di seluruh tubuhnya.

Golden Nuget Pleco

Bisa dibilang ikan sapu-sapu yang satu ini memiliki corak yang cantik. Pleco golden nuget juga tidak jauh beda dengan jenis ikan sapu-sapu lainnya yaitu terdapat totol-totol, namun pleco ini sangat istimewa dengan warna keemasannya. Sedangkan panjang tubuhnya dapat mencapai ukuran antara 30-35 cm saja. Selain 16 daftar di atas, ternyata masih ada juga jenis sapu-sapu albino dan juga siomay yang merupakan dapat dimakan bagi yang mau. Sedangkan ikan sapu-sapu common pleco biasanya dibuat sebagai pelengkap sekaligus pembersih akuarium.

Keuntungan dan kerugian ikan sapu-sapu kaca di akuarium

Meletakan ikan sapu-sapu pada akuarium anda memang ada untung ada ruginya. Dalam memelihara ikan didalam akuarium kita juga selalu memperhatikan kebersihan dari akuarium maka sering sekali pemilik akuarium memasukkan ikan sapu-sapu kedalamnya sebagai pembersih dari akuraium. Ikan sapu-sapu juga dapat berbaur dengan ikan lainnya dalam akuarium dan dapat membersihkan sisah makanan dan jamur serta lumut yang tumbuh didalamnya.

Dibalik keuntungannya, ada juga kerugian yang didapat atas memelihara ikan sapu-sapu dalam akuarium yakni jika ikan sapu-sapu dipelihara bersamaan dengan ikan lainnya yaitu akan membuat ikan mati, kok bisa?

Karena dalam beberapa kasus yang dialami para penghobi ikan terutama yang memelihara ikan hias didalam akurium sering sekali ikan sapu-sapu membuat ikan lainya mengalami kematian, terutama untuk ikan yang sedang terluka, hal ini dikarenakan ikan sapu sapu akan menghisap bekas luka dari ikan lainnya yang membuat luka pada ikan akan semakin membesar dan tidak kunjung sembuh.

Apa ikan sapu-sapu bisa dimakan?

Pasti banyak pertanyaan selama ini, apakah ikan ini bisa dimakan atau tidak. Nah, ternyata untuk yang berencana untuk mengkonsumsi ikan ini, sebaiknya kalian harus waspada karena menurut penelitian ikan sapu-sapu adalah satu-satunya spesies ikan yang dapat bertahan dalam air yang terkontaminasi sangat berat sekalipun, contoh: sungai yang berwarna hitam seperti oli, dll.

Oleh karenanya, setelah diperiksa di laboratorium, ternyata daging ikan sapu-sapu itu banyak mengandung: merkuri, timbal, logam berat, dsb (bahan pencemaran sungai). Ketika ikan-ikan lain sudah pada tewas, ikan sapu-sapu tetap survive, kalo ikan sapu-sapu udah sampe gak ada, berarti gak ada makhluk hidup lain yg bisa hidup, hal ini jadi barometer tingkat pencemaran sungai. Ternyata ikan sapu-sapu itu boleh dimakan dengan cara dikukus seperti ayam. Tapi apa kalian masih mau makan ketika sudah mengetahui makan yang dikonsumsi oleh ikan sapu-sapu ini?

Bahaya akibat makan ikan sapu-sapu

Banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab, dimana mereka merubah bahan makanan somay, yang tadinya dari ikan tenggiri. Namun karena terlalu mahal, para pedagang yang curang mengganti bahan ikan tersebut vdengan menggunakan ikan sungai, yakni ikan sapu-sapu. Dimana ikan sapu-sapu ternyata sangatlah membahayakan bagi kesehatan. Bahkan sangking berbahayanya, mengkonsumsi ikan ini dapat mengakibatkan:

  • Gatal gatal kulit
  • Tukak lambung
  • Kerusakan otak
  • Anemia
  • Tulang mudah rapuh
  • Gangguan fungsi hati
  • Kerusakan email gigi
  • Ginjal rusak
  • Kanker
  • Keracunan

Nah, masih mau makan ikan yang menyebabkan banyak penyakit ini? Kalau mimin sih mending makan tahu tempe aja deh, hehe.

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Blog

To Top