Connect with us

MANANDSHARK

Inilah Ulasan Tentang Paus Sperma Beserta Muntahannya

Blog

Inilah Ulasan Tentang Paus Sperma Beserta Muntahannya

Ada banyak spesies yang bisa kita temui dilautan mulai dari yang kecil hingga yang berukuran besar dan juga mulai dari beracun dan yang tidak beracun. Beberapa spesies ikannya juga sangat banyak salah satunya yang akan jadi pembahasan kita kali ini, yaitu paus sperma. Dari namanya saja sudah kelihatan unik, apalagi kalau kita mengenal lebih banyak dari ikan paun ini. Oleh karena itu, yuk kita menjelajahi dunia bawah laut dan menemukan ikan unik ini.

Pengenalan Dari Ikan Paus Sperma

Ikan paus sperma (Physeter macrocephalus) atau cachalot  adalah termasuk ikan paus predator yang terbesar dan juga bergigi tajam. Ini adalah satu-satunya anggota dari genus Physeter yang masih hidup dan juga termasuk dari salah satu dari tiga spesies dalam keluarga ikan paus sperma, yaitu pygmy sperm whale dan dwarf sperm whale of the genus Kogia.

Ikan paus sperma adalah mamalia yang terdapat di berbagai seluruh dunia, biasanya mereka akan bermigrasi secara musiman untuk makan dan berkembang biak. Ikan paus betina dan anak paus jantan akan tetap hidup bersama dalam kelompok sementara paus jantan yang sudah dewasa akan hidup sendirian di luar musim kawin.

 

Paus betina akan bekerja sama untuk melindungi dan merawat bayi mereka yang masih sangat kecil. Betina melahirkan setiap empat sampai dua puluh tahun sekali dan akan merawat bayinya selama lebih dari satu dekade. Ikan paus sperma dewasa memiliki sedikit naluri pemangsa alami.

Ukuran rata-rata dari paus sperma adalah dengan panjang 16 meter (52 kaki), tetapi beberapa dapat mencapai 20,5 meter (67 kaki), dengan kepala yang bisa mencapai sepertiga dari panjang badan mereka . Mereka juga dapat terjun pada kedalaman 2,250 meter (7,382 kaki), itu adalah jenis mamalia  kedua selain Cuvier Ekidna Whale yang bisa mencapai kedalaman tersebut.

Ikan paus sperma adalah pengguna terkemuka dengan suara ultrasonik dan komunikasi, yaitu dengan Tiberias 230 desibel (re µPa 1 jam 1 m) di bawah air. Mereka juga termasuk hewan yang  memiliki otak terbesar di dunia, beratnya adalah lebih dari lima kali lebih berat daripada otak manusia. Paus sperma dapat hidup selama lebih dari 60 tahun.

Paus Sperma mempunyai 20-26 pasang gigi kerucut pada rahang bawah mereka. Setiap gigi bisa mempunyai berat sampai satu kilogram. Asal bentuk gigi ini tidaklah diketahui dengan pasti. Dipercayai bahwa gigi-gigi tersebut tidak diperlukan untuk mengonsumsi sotong, malah ada Paus Sperma liar yang sehat dan cukup makan namun tidak bergigi. Konsensus para ilmuwan masa kini adalah gigi-gigi tersebut mungkin digunakan dalam pertengkaran antara paus jantan dalam spesies yang sama. Hipotesis ini konsisten dengan gigi yang berbentuk kerucut dan jarang-jarang. Gigi yang belum sempurna juga terdapat di bagian rahang atas, namun gigi tersebut jarang tumbuh dan terlihat di mulut.

Spermaceti oil (atau yang biasa disingkat dengan”sperma” ), merupakan asal dari nama paus ini, ini adalah target utama dari industri perburuan paus dan biasanya ini dominan untuk digunakan dalam lampu minyak, pelumas dan lilin.

Fakta Unik Yang Terdapat Pada Paus Sperma

Selain memiliki ukuran yang besar dan memiliki warna yang menyerupai sperna, paus ini juga memiliki beberapa fakta yang harus kalian tahu.

1. Dapat mencapai kedalaman lebih dari 9,500 kaki (2,9 km) paus sperma adalah termasuk dalam salah satu mamalia laut penyelam terdalam di dunia.

2. Paus sperma terkenal karena makanan mereka yang terdiri dari cumi-cumi raksasa, yang dikenal mampu tumbuh lebih dari 40 kaki (12 m) panjangnya.

3. Karena paus sperma sering berburu makanan di perairan gelap, echolocation memungkinkan mereka untuk mempertahankan kesadaran menyeluruh seputar lingkungan mereka dengan menggunakan suara.

4. Beberapa orang percaya bahwa paus sperma adalah satu-satunya ikan paus dengan tenggorokan yang cukup besar untuk menelan manusia, namun karena perilaku perburuannya yang dalam, kemungkinan paus ini tidak akan pernah bertemu dengan seseorang saat mencari makanan.

5.Karena paus sperma adalah mamalia laut maka dibutuhkan oksigen untuk bernafas. Air yang menyembur dari lubang semburnya hanyalah air yang telah terakumulasi di sekitar bagian luar lubang sembur dan bukan air yang masuk ke dalam paru-paru paus.

6. Otak paus sperma lebih dari 5 kali berat otak manusia.

7. Satu-satunya predator alami yang diketahui pada paus sperma adalah paus pembunuh. Meski serangan ini jarang teramati di alam bebas.

8. Paus sperma diketahui dapat memproduksi ambergris (muntahan paus) yang telah digunakan untuk membuat parfum dan aroma premium yang mahal.

9. Selama menyelam di kedalaman, paus sperma dapat menahan napas hingga 90 menit!

10. Mamalia laut ini menghirup/menghembuskan rata-rata 3-7 kali per menit tergantung seberapa aktifnya mereka.

Apa Itu Muntahan Dari  Paus Sperma?

Siapa yang menyangka kalau ternyata muntahan berupa cairan yang dikeluarkan oleh Sperm Whale (Physeter macrocephalus) atau jenis Paus Sperma, ini ternyata memiliki nilai yang cukup tinggi.

Rupanya Paus juga mengeluarkan sebuah zat yang telah menumpuk di dalam ususnya. Kemudian Paus akan mengeluarkan zat itu melalui anusnya. Lalu, zat yang berupa bongkahan yang keluar dari perut Paus tersebut akan melayang di dalam air laut, mengikuti arus air laut, hingga akhirnya beberapa ada yang terdampar di pantai-pantai seluruh dunia.

Setelah berada cukup lama di pantai, zat tersebut akan menjadi padat seperti lilin dan akan membemtuk menjadi sebuah bongkahan yang lebih keras dan inilah yang dinamakan dengan Ambergris.

Ambergris ini merupakan zat solid yang sama seperti lilin, mudah terbakar, berwarna abu-abu dan kadang juga ada yang berwarna kehitaman juga. Bongkahan zat ini kemudian akan keluar dari usus atau isi perut Paus Sperma (sperm whale) yang pada akhirnya ini akan menjadi sangat populer dikalangan para produsen parfum, karena ini akan digunakan sebagai salah satu bahan pembuat parfum dan harga dari muntahan ini juga sangat mahal.

Bentuk Dan Rupa Ambergris

Jika kalian berjalan-jalan ke pantai dan menemukan gumpalan keras berwarna amber dan abu-abu yang licin dan memiliki wangi yang kuat, mungkin itu adalah ambergris.
Kata ambergris sendiri berasal dari ambre (amber) dan gris (gray, abu-abu).

Sebuah buku berjudul Floating Gold: A Natural (and Unnatural) History of Ambergis yang ditulis oleh Christopher Kemp menuliskan bahwa gumpalan itu bisa mencapai 400 kilogram.
Meski begitu, jangan terlalu cepat senang dulu, kalian terlebih dulu harus membawanya ke laboratorium untuk bisa memastikan apakah itu benar ambergris.
“Ambergris ini sudah memiliki struktur kimia yang sudah baku”, kata Prof. Jamaludin Jompa, pakar Biologi Kelautan.

Penemuan Dari  Ambergris

Charlie Naysmith seorang bocah Inggris berusia delapan tahun secara tak sengaja pernah menemukan sebongkah batu yang tidak biasa dan itu ia temukan pada saat ia dan ayahnya berjalan di Pantai Dorset, Inggris, beberapa waktu yang lalu. Ia dan ayahnya kemudian berusaha untuk mencoba mencari tahu mengenai batu tersebut. Hasilnya, mereka berdua menjadi sangat terkejut. Batu tersebut ternyata adalah Ambergris dengan berat 0,45 kilogram dengan nilai jual mencapai lebih dari Rp. 600 juta!

Awalnya Berbau Tidak Enak

Meski ambergris menjadi begitu berharga karena wanginya, namun pada saat keluar pertama kali dari paus sperma satu-satunya jenis paus yang mengeluarkan ambergris – baunya seperti halnya sekresi organisme lain: tidak enak. Dibutuhkan waktu yang cukup panjang untuk membuat baunya berubah menjadi wangi.

Jamaludin menjelaskan bahwa perubahan itu melewati proses oksidasi atau pengikatan oksigen, yang akan menyebabkan perubahan rantai kimia hasil sekresi paus sperma itu. “Proses-proses kimia itu kemudian akan mengarah ke struktur kimia baru yang kemudian berubah sifat menjadi lebih harum. Tidak juga seperti hal yang ajaib, begitu keluar langsung harum. Pada awal keluar juga bau”, kata Jamaludin.

Mengapa ambergris begitu mahal?

Ini dikarenaka semua ambergris akan sangat memiliki peran penting dalam semua industri parfum kelas dunia. Zat yang menurut kita gak masuk akal ternyata akan mampu menghasilkan atau memberikan wangi yang khas yang disukai oleh manusia. Bahkan parfum dengan cita rasa tinggi yang diproduksi oleh merek terkenal seperti Chanel dan Lanvin juga mengambil keuntungan dari ambergris yang mampu memberikan aroma harum bagi kulit manusia.

Bau yang dihasilkan dari ambergris ini memiliki beberapa aroma mulai dari wewangian bersahaja, seperti mawar, hingga aroma yang cukup manis. Bagi para pecinta parfum, mereka akan mampu mendeteksi wangi khas ambergris dan rela menghabiskan uang banyak hanya untuk satu ons ambergris! Ini benar-benar gila guys.

Kegunaan Selain Parfum

Jamaludin mengisahkan bahwa saat pertama kali dia mendengar mengenai ambergris ini adalah pada tahun 1990an dan pada saat dia masih bersekolah di Kanada. Namun ambergris sendiri sudah mulai dikaji sejak tahun 1950an.

“Dalam perkembangannya dulu itu juga sebenarnya pernah dipakai dalam berbagai jenis pengobatan-pengobatan”, papar Jamaludin.

Buku Floating Gold: A Natural (and Unnatural) History of Ambergis juga pernah memuat bahwa ambergris sudah dipakai dari jaman purba,  dan ini pertama kali digunakan oleh bangsa Arab dan Cina sebagai parfum atau dibakar sebagai dupa.

Bangsa Eropa pun juga pernah menggunakan wangi ambergris untuk ‘mensanitasi’ udara saat terjadi wabah di benua itu yang terjadi pada abad ke-14.

Sudah Tidak Dipakai Perusahaan Parfum Besar

Tris Tjahjadin, seorang ahli parfum yang belajar di Prancis, mengatakan bahwa ambergris sudah tidak digunakan perusahaan parfum besar karena dilarang oleh IFRA (International Fragrance Association).
“Lambat laun badan yang mengatur bahan dasar parfum tambah lama tambah ketat jadi banyak bahan yang sekarang sudah tidak diperbolehkan”, jelas Tris yang sebelum mempelajari parfum secara dalam, belajar biokimia di Amerika.

“Misalnya (parfum) Chanel no 5 yang kita beli tahun 80-an dengan Chanel no 5 yang sekarang itu sebenarnya baunya beda tapi untuk konsumen mungkin tidak bisa bedain kecuali orang yang fanatik dengan parfum. Karena ada bahan tertentu yang sudah dilarang atau sudah tidak boleh dipasarkan, atau sudah terlalu mahal juga.”

Bahkan Tris yang juga kerap mendatangi ekspo bahan baku wewangian baik di Eropa maupun di tanah air mengatakan bahwa dia belum pernah melihat ambergris diperdagangkan.
“Selama ini saya tidak pernah lihat ada orang yang bawa ambergris sih, jujur saja”, katanya sambil terkekeh.

“Setahu saya kalau negara-negara yang badan POM-nya kuat, hukumnya juga kuat, itu pasti sudah tidak mungkin ada di pasaran.”

Yah, itulah sedikit penjelasan mengenai ikan paus sperma yang kini dikatakan mulai punah, Semoga kalian menyukainya dan kami akan kembali dengan artikel berikutnya, terima kasih.

Continue Reading
You may also like...

More in Blog

To Top